Rabu, 24 Maret 2010

PRINSIP-PRINSIP DESAIN WEB

Dengan adanya prinsip dalam desain web, anda dapat merancang halaman web yang efektif, memiliki estetika dan membuat orang agar tertarik untuk melihat web yang telah anda buat. Berikut ini prinsip-prinsip desain web agar pengunjung tertarik:

Memiliki Tujuan yang Jelas

Buatlah tujuan sespesifik mungkin dalam pembuatan website. Apabila website anda tidak memiliki tujuan yang terdefinisi dengan baik, maka anda akan menemui hambatan dalam internet yang penuh kompetisi dan persaingan ketat untuk mewujudkan keinginan Anda menjadikan website yang anda hasilkan menjadi salah satu website menarik yang patut dikunjungi.

Ingat, siapa Audience Anda

Siapa pengunjung website anda? berapa usia pengunjung website anda? Berapa lamakah waktu yang diluangkan pengunjung untuk mengunjungi website anda?

Waktu loading yang cepat

Apabila website anda gagal ditampilkan dengan sempurna dalam waktu beberapa detik, maka biasanya pengunjung enggan berlama-lama menunggu dan memutuskan untuk meninggalkan website anda.

Memiliki struktur desain yang tepat

Tentukan struktur penempatan konten website seperti header, footer, menu navigasi dan blok iklan. Usahakan struktur tersebut sama pada setiap halaman sehingga pengunjung tidak dibuat bingung dengan misalnya, menu yang berpindah-pindah. Usahakan agar pemilihan warna, penempatan logo website dan font yang digunakan konsisten pada setiap halaman sehingga pengunjung tidak merasa berpindah ke website lainnya. Jangan pernah menempatkan iklan yang lebih banyak daripada konten anda karena pengunjung tidak mencari iklan melainkan konten website anda.

Perlu diketahui bahwa website terbaik menyampaikan konten dalam tiga "klik" atau kurang dan sebisa mungkin menghindari scrolling.

Gunakan Item yang Bisa di Download secara Cepat

Lamanya waktu yang digunakan untuk menampilkan informasi yang diinginkan pengunjung dari website anda, merupakan salah satu alasan pengunjung untuk meninggalkan website anda. Biasanya gambar, video, audio dengan ukuran file lebih besar menyebabkan proses loading website kita menjadi lama, sehingga pengunjung merasa bosan dan tidak sabar. Jika anda terpaksa menggunakan gambar, video, audio dengan ukuran file yang besar, salah satu pilihannya adalah dengan menyertakan file yang beresolusi rendah dan berukuran lebih kecil (thumbnail) yang Anda link ke file sesungguhnya yang berukuran besar.

Ujilah Situs Anda secara Keseluruhan

Ujilah situs Anda menggunakan sebanyak mungkin browser yang ada saat ini, dan pada platform yang berbeda serta kecepatan modem yang berbeda. Karena kemungkinan besar pengunjung website anda menggunakan browser yang berbeda pula.

Sumber: http://www.geocities.com/webjurnal/juni2000/bwebsite.html