Rabu, 24 Maret 2010

WEB DESIGN PRINCIPLES

Prinsip desain web sama dengan prinsip desain pada umumnya. Dengan prinsip ini web dapat diletakkan secara efektif dan estetika. Web yang baik adalah web yang dapat bekerja secara efisien dan sesuai dengan tujuan awal. Beberapa dasar yang dapat dijadikan landasan dalam merancang galeri web yang berkualitas.

  1. Penemuan Komponen.

Penemuan komponen adalah tentang pertemuannya dengan klien dan menemukan apa yang mereka lakukan. Mengumpulkan informasi tentang siapa klien Anda dan bagaimana mereka menjalankan bisnis mereka adalah satu-satunya cara Anda akan mampu menghasilkan sebuah desain yang sesuai dan efektif.

  1. Pelaksanaan.

Pelaksanaan adalah untuk mengambil apa yang telah Anda pelajari dari klien dan menggunakannya untuk membuat desain. Tidak peduli apakah situs tersebut akan langsung terdiri dari HTML, template untuk sistem manajemen konten, atau Ruby on Rails aplikasi intinya adalah bahwa kita memiliki sebuah antarmuka untuk desain dan lembar kosong kertas.

  1. Navigasi.

Ini penting bahwa sistem navigasi situs ini mudah untuk mencari dan digunakan. Pengguna mengharapkan untuk melihat navigasi kanan di bagian atas halaman.

  1. Mengandung Block.

Setiap halaman Web memiliki sebuah wadah. Ini bisa dalam bentuk tubuh halaman tag, yang semuanya mengandung div tag. Unsur di luar batas-batas jendela browser kita akan dapat pergi ke ruang kosong.

  1. Logo.

Blok identitas yang muncul pada situs web harus mengandung logo perusahaan atau nama, dan duduk di bagian atas setiap halaman situs web. Blok identitas meningkatkan pengenalan merek dan memungkinkan pengguna mengetahui bahwa halaman mereka melihat adalah bagian dari satu situs.

  1. Isi.

Konten adalah raja. Sangat penting untuk menjaga blok konten utama sebagai titik pusat desain sehingga detik yang berharga tidak terbuang saat pengunjung memindai halaman untuk informasi yang mereka butuhkan.

  1. Footer.

Terdapat pada bawah halaman, footer biasanya mengandung hak cipta, kontak, dan informasi hukum, serta beberapa link ke bagian utama situs.

  1. Warna.

Warna adalah elemen dasar desain. Dalam desain ini bukanlah unsur terpenting, tetapi penggunaan warna yang baik menambah dimensi dan gaya desain situs Web.

  1. Kontras.

Kontras menunjukkan perbedaan antara elemen pada halaman. Besar dan kecil, hitam dan putih, persegi dan lingkaran - ini semua adalah kontras. Hal ini perlu mendapat perhatian khusus dalam membuat web.

  1. Arah.

Jurusan adalah unsur dasar desain. Ini lebih dari sekedar tata letak, sebaiknya desain dapat menggambarkan arah dan menunjukkan arah elemen di dalamnya.

  1. Garis dan Baris

Garis dan garis mengacu pada perbatasan dan pemisah pada desain yang terdiri dari satu atau beberapa baris. Bertindak sebagai garis pemisah dan menggambarkan berbagai bagian dari desain. Garis memiliki kerapatan, panjang, dan arah.

  1. Spasi.

Istilah desain grafis spasi (atau ruang negatif) secara harfiah mengacu pada setiap area halaman yang tidak tercakup oleh jenis atau ilustrasi. Memiliki ruang kosong pada halaman adalah sama pentingnya sebagai memiliki konten. Web yang direncanakan dengan hati-hati tanpa spasi, akan membuat desain merasa tertutup dalam, seperti ruangan yang penuh sesak. Spasi membantu desain untuk "bernapas" dengan membimbing pengguna mata di sekitar halaman, tetapi juga membantu untuk menciptakan keseimbangan dan kesatuan.

  1. Keseimbangan.

Keseimbangan adalah prinsip dasar desain.Saldo adalah gagasan bahwa unsur-unsur besar pada halaman Web harus seimbang di tengah atau memiliki jumlah besar sesuai elemen yang lebih kecil di sekitarnya untuk menjaga bahkan desain.

  1. Kedekatan.

Kedekatan adalah jelas, tetapi sering diabaikan cara untuk membuat grup objek merasa seperti satu unit. Menempatkan objek dekat bersama-sama dalam menciptakan tata letak titik fokus ke arah mana mata akan tertarik.


Inilah beberapa prinsip dalam desain web yang perlu diperhatikan. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam mempelajari desain Web principles.

Sumber: Beaird,Jason.2007.The Principles of Beautiful Web Design